===== ". Selamat Datang dan Terima kasih anda telah mengunjungi Blog Pengawas Sekolah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ." ====== ". Bersama mencerdaskan anak bangsa ." ===== ". Email : mkpsboltim@yahoo.co.id ." =====

Kamis, 29 November 2012

Kurikulum Baru 2013 Berbasis Pendekatan Sains



Perubahan kurikulum menekankan pembelajaran dengan pendekatan berbasis sains. Dengan pendekatan berbasis sains, siswa didorong lebih mampu dalam mengobservasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan atau mempresentasikan.
"Obyek yang menjadi pembelajaran adalah fenomena alam, sosial, seni, dan budaya," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional di Jakarta, Senin (26/11/2012).



“Misalnya ambil tema tentang sungai, sudah ada bahan IPAnya di situ. Sungai itu ada airnya, rumusnya H20, bisa mengalir kenapa karena ada
perbedaan tekanan. Juga memiliki derajat kejernihan, bisa wudhu, satu mata pelajaran bisa dikaitkan kemana-mana, kotoran sungai tercemar,
dan seterusnya. Dengan demikian anak-anak memiliki kemampuan utuh. Anak-anak SD tidak mendapat pendekatan yang terpisah-pisah , tapi utuh .”

Tema peringatan Hari Guru Nasional 2012 yakni "Memacu Profesionalisasi Guru Melalui Peningkatan Kompetensi dan Penegakan Kode Etik".
Nuh mengatakan, ke depannya diharapkan siswa Indonesia memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih baik.

"Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya," ujar Nuh.
Menurut Nuh, pencapaian peningkatan mutu pendidikan nasional dan generasi masa depan bangsa butuh peran guru yang profesional. Untuk itu, profesionalisasi dan penegakan kode etik guru harus terus ditegakkan.

Sumber: http://edukasi.kompas.com