===== ". Selamat Datang dan Terima kasih anda telah mengunjungi Blog Pengawas Sekolah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ." ====== ". Bersama mencerdaskan anak bangsa ." ===== ". Email : mkpsboltim@yahoo.co.id ." =====

Sabtu, 08 Maret 2014

UN SMP Dan SMA Tahun 2015 Akan Dilaksanakan Secara Online


Ujian nasional tingkat SMP dan SMA, rencananya akan dilaksanakan secara on line. Model ujian nasional dengan memanfaatkan teknologi informasi (IT) tersebut kata Wawendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim, bakal diterapkan pada 2015.

“Budaya IT kan sudah melekat pada siswa. Kita manfaatkan untuk kepentingan UN,” papar Musliar, Senin (3/3).
Musliar mengakui bahwa tidak semua sekolah memiliki akses IT yang baik. Karena itu dalam pelaksanaannya nanti, UN akan digelar di sekolah-sekolah negeri yang memiliki IT lebih lengkap.

Teknis pelaksanaannya bisa dilakukan secara bergantian dengan memanfaatkan sekolah yang ada IT-nya bagi siswa sekolah lainnya. Model UN seperti ini tentunya membutuhkan variasi soal yang lebih banyak.

Agar UN online bisa berjalan lancar, setiap peserta UN dipastikan tidak gagap teknologi. Artinya, ia harus benar-benar mengetahui aplikasi teknologi yang digunakan untuk UN sehingga bisa mengerjakan UN dengan baik.

“Kesulitan akan muncul jika siswa belum menguasai sistem yang digunakan untuk UN online,” lanjutnya.
 
Musliar mengatakan dunia pendidikan harus memastikan bahwa IT bukan saja dominasi siswa yang berlokasi di perkotaan. Mereka yang berada di daerah pun harus memiliki budaya IT sehingga mendukung pelaksaan UN online tahun mendatang.
Terkait persiapan UN 2014 yang akan dilaksanakan April, Musliar mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Kemendagri, Kemelu, Kepolisian dan Kemenag.

Intinya, percetakan dan distribusi soal UN harus berjalan dengan baik dan tidak terjadi kebocoran soal.


 
Sumber : Kompas.com
 



 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar