===== ". Selamat Datang dan Terima kasih anda telah mengunjungi Blog Pengawas Sekolah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ." ====== ". Bersama mencerdaskan anak bangsa ." ===== ". Email : mkpsboltim@yahoo.co.id ." =====

Sabtu, 09 Februari 2013

Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Permendiknas No. 27 Tahun 2010

Program induksi bagi guru pemula yang selanjutnya disebut program induksi adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran/bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya.
Siapa yang dimaksud dengan guru pemula ?
Guru pemula adalah guru yang baru pertama kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat.
Untuk Tujuan apa program induksi ?
Tujuan program induksi adalah membimbing guru pemula agar dapat:
  1. beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah; dan
  2. melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah/madrasah.
Siapa saja pesertanya ?
Peserta program induksi adalah:
  1. guru pemula berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang ditugaskan pada sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau pemerintah daerah;
  2. guru pemula berstatus pegawai negeri sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain;
  3. guru pemula bukan PNS yang ditugaskan pada sekolah/madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat.
Apa materi pembibingan yang diberikan ?
Pembimbingan yang diberikan meliputi bimbingan dalam perencanaan pembelajaran/bimbingan dan konseling, pelaksanaan kegiatan pembelajaran/ bimbingan dan konseling, penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran/bimbingan dan konseling, perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran/bimbingan dan konseling, dan pelaksanaan tugas lain yang relevan.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang program induksi ini, silahkan download permendiknas 27 tahun 2010 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar